Tuesday, April 19, 2011

Softly and Gentle voice

Guys, pengen share nih pengalamanku, mumpung masih fresh banget :) Jadi ceritanya aq ngelamar kerja nih, awalnya bingung banget mau kerja apaan. Sempet ada yang nawarin kerja jadi supervisor spg di Mall yang terkenal sih di Surabaya, cuman jam kerjanya sampe malem. Cuman aq kepikiran juga sih, kalau pulang sampe malem, gimana urusan rumah tangga??? Misalkan aja nih ngantornya sampe jam 6 sore, trus pulangnya itu bisa sekitar 1 jam(tempatnya emang mayan jauh dari rumah). Pasti sampe rumah udah tepar banget, trus kapan masaknya?Belanja? So, aq cari deh alternatif lain yang bisa kerja ngga sampe larut malam begitu. Trus keinget deh, ada temenku yang jadi guru di sekolah...iseng deh bbm dia, nanya-nanya gitu dia ngajar di mana, bla...bla... Ehhhh dianya nawarin kerja di sana malahan, katanya ada lowongan jadi guru playgroup/administrasi (her name is Amelia, thank you Melll ^^).

Langsung deh semangat 45, asik banget kan jadi guru playgroup, karena aq lebih suka banyak berinteraksi sama anak-anak daripada orang dewasa hahahaha.... Trus asik banget kayaknya kalo ngajar anak playgroup bisa creative learning, ga boring. Jam kerja juga sampe sekitar jam 3, ngga terlalu malem, plus bonus kalo Sabtu libur. Apalagi sekolahnya ini juga international school (i think it has a good prospects in the future), tambahan lagi(yang baru aq tau setelah datang wawancara ke sana) ternyata sekolah ini juga sekolah Kristen yang memakai nilai-nilai Kristiani, wowww....makin ngebet deh. Hahaha... Dan akhirnya besokannya aq langsung titipin surat lamarannya ke Amelia untuk dimasukin ke sekolah.

Nggak lama nunggu, eh besokannya lagi(sehari setelah masukin surat lamaran), aq udah ditelepon HRD untuk dateng wawancara besok paginya. Pas itu aq ditelepon jam 4 sore, dikasi tau untuk besok dateng wawancara jam 09.30. "Sambil siapin story telling untuk besok ya, akan ditest langsung di kelas. Boleh bawa peralatan sendiri, pendek aja ceritanya sekitar 15 menit." Jederrrrrr....seumur-umur belom pernah ngajar di depan kelas, paling banter dulu pas kuliah pernah sunday service sih, tapi kan beda nih. Ada satu lagi yang aq lupa! Ini international school! Jadi dipastikan story tellingnya pake Inggris. Cuman punya waktu beberapa jam untuk siapin, thanks to Miss Sisca, my luvly hunny sister...hahaha...for helping me with idea "5 roti dan 2 ikan" ^^ Jadilah sesorean sampe malem itu komat-kamit + cas cis cus latihan sambil mondar mandir siapin makan malem. And my husband says "Kayaknya itu baru 5 menit deh." Hohohoho...ternyata diriku ngomongnya nge- rap gitu, jadi cerita yang mayan panjang uda kelar dalam tempo 5 menit. Yak, selesailah latihan malam itu, berdoa "biar kehendakMu jadi", trus zzzzzzzzzzzzz.....

Thanks to my dear, yang uda nganterin untuk wawancara hari Rabu pagi, secara aq ga tau jalan & belum hafal jalan-jalan di Surabaya. Ternyata sebelum ke kelas, aq disuruh isi form-form dulu, trus diwawancara (in English too) dan...eng ing eng..."Ceritakan tentang kamu dalam bahasa mandarin." OO...!!! currr currr keringat dingin boooww! "Emm...Wo de ming zi shi...Lai Li Sha, wo xi huan kan dian ying, du shu, mmm (adohhh badminton apa ya....Ahaaaa) da mao ciu, he..... (lalalalalala...lupa dah mau ngomong swimming : you yong)." Akhirnya cengar cengir doang deh. wkwkwk... Trus abis wawancara, digiring ke kelas (yang semula katanya sekitar 10 anak), ternyata ada more than fifteen + 2 guru kelas + 1 kepala sekolah PG + 1 kepala sekolah SD + 1 org HRD. Alamakkk...deg2an banget, tp ya udah lah do my best, let God do the rest. Yah bersyukur sih anak-anaknya lumayan nurut dan mau dengerin pas aq cerita.

Singkat cerita, sekitar 2 hari kemudian (mungkin Jumat) aq ditelepon lagi, dikasih tau untuk dateng wawancara rohani hari Senin depan. Nah...setelah selesai wawancara rohani hari Senin, aq disuru tunggu hasilnya. Banyak yang udah nanyain(sodara-sodara deket), "Gimana udah dapet kabar belum?", suami juga sempet beberapa kali nanya, dan tiap ditanya malah bikin +down deh...Kemarin-kemarin kan prosesnya cepet yah, Selasa masukin surat lamaran, Rabunya langsung ditelepon untuk wawancara. Wawancara Rabu, Jumatnya langsung ditelepon untuk wawancara Senin. Ini koq lama yaaa??? Gitu deh, doanya sih "Tuhan aq tau rancanganMu yang terbaik, diterima atau nggak, aq bersyukur dan percaya padaMu." Tapi seringkali dalam hati tetep khawatir dan "pengen diterima", hehe... Sampai akhirnya seminggu sudah berlalu sejak wawancara terakhir, udah agak hopeless juga sih. Senin malem si Sisca(sepupuku) bbm nanyain udah ada kabar belum, dan waktu itu kepikir : "Ah mendingan aq nanya ke Amelia aja ya, yang bakal dihubungin sama sekolah itu cuman kalau keterima atau kalau ga keterima pun akan dikabarin juga?" Tapi di dalam hati tuh seperti bilang "Tunggu sampai besok, Selasa sore kalau nggak ada kabar, baru tanya." Akhirnya aq ngga bales deh bbm Sisca, baru siang tadi aq bales bbmnya,  bilang kalo ngga ada kabar dan aq masi tunggu sampe minggu ini. Pas ngobrol via bbm sama Sisca, dalam hati udah kepikir lagi aduhh nanya Amelia aja deh, biar nggak penasaran kayak begini, kalau emang nggak ketrima ya udah, tapi nggak kepikiran terus gitu. And that small voice says once again "Tunggu, sampe sore ini." Urrghh geregetan banget, tinggal bbm nanyain, musti tunggu apa lagi sih??????? Dan sementara masih bbm-an sama Sisca, ada telepon masuk dan YAAA ini dia yang ditunggu-tunggu, dan hasilnya diterima jadi guru!!! Thanks God banget, soalnya aq udah pasrah, pengen jadi guru tapi seandainya diterimanya di bagian admin aja juga ngga papa deh. Tapi ternyata Tuhan beri yang terbaik ya :) Thanks you Jesus.

Nah, pointnya di sini..."small voice" yang ada di hati aq. Memang ini masalah sepele, tapi kadang justru itulah, susah untuk taat dalam hal kecil, karena kita anggapnya "Ah, ini kan cuma masalah sepele, nggak akan efek apa-apa koq kalo nggak nurut." Hmm...tapi aq diingetin bahwa justru dari perkara kecillah kita harus belajar taat, kalo aq disuruh tunggu sampe Selasa sore aja nggak nurut, gimana nanti kalo itu terjadi dalam BIG problem???

“Barang siapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.”

(Lukas 16:10, Matius 25:21)
Aq juga malu banget sama Bapa, yang udah berkali-kali ngomong dalam banyak hal, tapi koq masih susah ya buat aq membedakan mana suaraNya dan mana suara hatiku sendiri *Sory Daddy* Dan aq bersyukur bahwa Tuhan ajar aq untuk taat dan mendengar suaraNya melalui hal-hal kecil, karena kalo langsung perkara besar dan aq ga nurut, uhhhh....serem banget x ya akibatnya. Dan gimana aq bisa maju dalam Tuhan kalo ngga mau belajar taat sama DIA???!!! Yup, His voice so softly and gentle("...datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa (1 Raja-raja 19:12")...membuat kita "ngga fear".  Padahal seringkali dengan cara itulah Tuhan berbicara, makanya seringkali orang Kristen sekalipun akan tanya "Gimana cara denger suara Tuhan?", atau bilang "Aq ngga pernah tuh ngalamin Tuhan ngomong sama gua".  Sebenernya kita harus bersyukur kalo Tuhan masih bicara dengan cara yang lembut seperti itu, kalo Dia uda ngomong kenceng-kenceng justru serem juga kali ya...Hiiii....

Sepele ya???But it's amazing for me...Dan bersyukur bahwa aq diingetin lagi sama Tuhan untuk belajar taat dan peka pada suaraNya yang lembut.  Let us learn together ^^


2 comments:

  1. ci, baguuuss!! Wah... aku mesti belajar lebih sabar lagi nih abis baca blog cc.. Hehehe.. Tx ya!

    ReplyDelete
  2. Maksudnya lebih sabar giman Steph? :D
    Iya, Tuhan itu luar biasa banget kalo ngajarin anak2Nya, ces-pleng, ngena langsung sasaran. hehe...

    ReplyDelete