Wednesday, April 20, 2011

Becoming Your Spouse's Better Half -Rick Johnson- Ch. 3 (Status Pria part.2)

Yak masuk ke status cowok yang ketiga yah

3. Bermain
Kenapa bermain masuk ke status cowok yang ketiga? Karena kompetisi berperan besar di dalam kehidupan pria. Pada kenyataannya, pria selalu mengukur dirinya sendiri dengan pria lain. Itulah alasannya mengapa sebagian besar cowok suka olahraga, menonton pertandingan olah raga dan membela salah satu tim yang akhirnya memenangkan pertandingan juga termasuk kepuasan tersendiri buat cowok. Rasa kompetisi yang tinggi itu juga yang membuat banyak konflik terjadi saat pendapatan istri lebih besar dari suaminya, karena si suami merasa kalah bersaing dengan istrinya sendiri, dan itu mengusik egonya.

Karena itu, sebaiknya cewek-cewek jangan selalu marah-marah kalau pacar/suaminya pergi untuk menjalankan hobynya seperti olahraga futsal/fitness/main game, sejauh dalam batas normal, beri waktu padanya untuk punya waktu bermainnya bersama dengan teman-teman cowoknya. Pria sebenarnya senang jika istrinya/pasangan menemani mereka dalam mengembangkan keintiman, ikut serta dalam berbagai kegiatan yang disukai suami/pasangan akan membangun keintiman dan persahabatan. Jadi, ngga ada salahnya kalau sekali-kali temani pasangan cowokmu ke bengkel/lapangan futsal/pasar ikan yah girlssss... ^^


4. Terpenuhi kebutuhannya
Cowok punya banyak kebutuhan yang harus terpenuhi, Jika kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, mereka akan cenderung berfokus kepada kebutuhan tersebut daripada kepada hubungan dengan orang lain. Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi itu adalah makanan. Jangan anggap enteng masalah ini lho, apalagi untuk cowok-cowok yang bisa mengalami gangguan pencernaaan (sakit perut) kalau telat makan, "Hungry man is an Angry man." Yang lain lagi adalah kebutuhan akan rumah yang tenang dan tertata rapi, Pulang ke rumah yang berantakan dengan anak-anak yang berteriak-teriak dan istri yang marah sangat tidak menentramkan bagi jiwanya. Cowok juga butuh waktu yang cukup untuk tidur, juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri, dan dukungan emosional. Cowok digambarkan seperti menggunakan cangkang, supaya tidak terlihat lemah, tapi biasanya Pria menurunkan cangkang ini(walau itu terjadi kadang-kadang saja) hanya kepada satu orang saja yang dipercayainya di seantero dunia ini - istrinya. Inilah sebabnya istri seorang lelaki memiliki kekuatan untuk menghancurkannya dengan kata-kata atau sebaliknya memperlengkapi si suami sampai menjadi hebat tak tertandingi. Pria juga memerlukan kebutuhannya akan penghormatan dan kekaguman wanita sangat mendasar bagi harga diri dan keyakinannya terhadap diri sendiri. Dan tentu saja cowok juga memerlukan kebutuhan rohani, Seorang pria perlu untuk terus ditarik dan didisiplin ke arah hubungan yang lebih baik dengan Allah.


5. Pelindung
Cowok mempunyai insting untuk melindungi orang-orang yang dikasihinya (istri, anak-anak) baik perlindungan fisik maupun perlindungan emosi dan psikologis. Tuhan menciptakan pria agar menjadi pemimpin rohani dan pelindung istri mereka. Jadi sebelum menikah, cowok-cowok harus memantapkan hubungannya dengan Tuhan dulu, supaya nantinya tidak menempatkan keluarganya dalam resiko, karena kepala rumah tangganya tidak kuat secara spiritual. Disebutkan juga, kalau suami berperan sebagai teladan dan model bagi keluarganya. Selain itu, cowok juga punya peran sebagai pemimpin keluarga. Kepemimpian cowok (baik yang sudah menikah/belum) harus meliputi 2 hal, yaitu: Otoritas dan Kepelayanan. Istri harus tunduk pada otoritas suaminya, harapan yang tidak realistik dari istri pada suami akan membuat suaminya frustasi dan bingung. Akibatnya, banyak suami yang tidak menjadi pemimpin keluarga, karena diri si suami sendiri yang memilih untuk tidak melakukannya, karena kritikan-kritikan dari istri yang tidak pada tempatnya terhadap cara kepemimpinan suaminya. Akibatnya banyak suami tidak mau memimpin keluarga dan membiarkan istrinya yang melakukannya, daripada keputusan-keputusan mereka selalu dipertanyakan. Daripada menanggung resiko gagal, lebih mudah untuk menyerah begitu saja atau membiarkan orang lain melakukannya.


6. Hubungan dengan Allah
Sebenarnya semua manusia mengakui keberadaan Tuhan jauh di dasar hatinya, hanya saja banyak orang menyangkalinya. Tapi biasanya pada kondisi khusus dan terdesak, manusia akan meminta pertolongan Tuhan (misal: dalam kondisi sakit/sekarat/akan celaka). "Tak ada orang ateis di dalam sarang serigala." Cowok tidak bisa mempertahankan imannya tanpa adanya dukungan dengan cowok lain di sekitarnya, dan iman itu akan bertumbuh melalui pengalaman dan kesaksian, bahkan melalu penderitaan. Selain iman, cowok juga memerlukan kearifan dan pengetahuan, yang bisa didapatkan pula melalui firman Tuhan(ingat kan dengan Raja Salomo yang punya hikmat luar biasa? Baca: kitab pengkotbah). Cowok punya spiritualitas yang beda dengan cewek, dan beda pula dalam memproyeksikannya. Cewek punya peran penting juga untuk spiritualitas bagi pasangannya, kalau kondisi kerohanian cowoknya ngga baik, jangan buru-buru menghakimi, mengomel, atau menyuruhnya ini itu, karena tindakan Anda itu berbicara lebih keras daripada kata-kata Anda terhadap suami Anda/pasangan Anda. (1 Petrus 3:1-2, 1 Korintus 7:14), Allah kerap memakai istri agar Dia mendapatkan hati suaminya.


7. Waktu buat lelaki
Cowok membutuhkan waktu untuk bisa bersama dengan cowok-cowok lainnya. Justru cowok yang sendirian, tidak punya komunitas yang baik dengan teman-teman cowoknya, bisa jadi sasaran empuk si jahat, melalui jerat perzinahan, kecanduan seks atau obat terlarang atau alkohol, kecanduan kerja, sikap pasif. Siapa yang dibutuhkan cowok? Teman, Mentor yang sama-sama cowok, dan Ayah! Cowok selalu merasa takut untuk gagal, bahkan lebih baik tidak usah mencoba daripada beresiko gagal. Bocah-bocah lelaki yang tidak mempunyai ayah seringkali bertumbuh menjadi seorang yang peragu, pasif, lembek dan tidak mampu membuat komitmen dalam berhubungan dengan orang lain.Oleh karena mereka dididik dengan visi hidup yang feminin, mereka cenderung mengandalkan perempuan dalammembuat semua keputusan yang mengatur kehidupan mereka dan jarang mengambil peran kepemimpinan secara alami. Hubungan anak cowok dengan ayahnya banyak rusak hari-hari ini, dan kalau tidak terjadi pemberesan dalam hubungan mereka, maka luka itu akan dibawanya dalam keluarganya sendiri, saat ia menjadi seorang suami dan ayah. Lingkaran kepahitan itu hanya bisa diputuskan dengan memberikan pengampunan.

Yak selesai sudah untuk 7 status cowok, semoga bermanfaat untuk para cowok-cowok dan jadi pengetahuan juga untuk yang cewek ya :)

No comments:

Post a Comment