Tuesday, April 12, 2011

Do you love Indonesia?

From my notes Facebook, 11 November 2010


Pengaruh semangat hari pahlawan 10 November jadi nulis notes bertema kebangsaan? Hmmm, maybe... ;)

Pas kemarin baca Mikha, jadi concern banget sama bagian ini:
Mikha 1:2-5 "Dengarlah,hai Bangsa-bangsa sekalian! Perhatikanlah,hai bumi serta isinya! Biarlah Tuhan Allah menjadi saksi terhadap kamu, yakni Tuhan dari baitNya yang kudus.Sebab sesusngguhnya,Tuhan keluar dari tempatNya dan turun berjejak di atas bukit-bukit bumi. Luluhlah gunung-gunung di bawah kakiNya dan lembah-lembah terbelah seperti lilin di depan api, seperti air tercurah di penurunan. Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub, dan karena dosa kaum Israel"


Soal gunung-gunung jadi inget peristiwa Gunung Merapi & air-air jadi keinget Mentawai & Wasior dan banjir Jakarta nih, hihihi.... Pas? Dipas-pasin? Whatever, yang jelas sringkali kita2 doa bwat orang2 di luar sana, ampuni dosa bangsa ini, blaa... blaa... tp pernah ga kita koreksi diri sendiri??? (Hmm... jd inget "Penghakiman dimulai dr dalam Gereja Tuhan"). Maksudnya begini: Kalau kita dikatain sama orang yg ga kita kenal, ya kita pasti marah...tapi ya sebatas marah aja kan? Tapi kalo kita dikatain ama orang yang paling kita sayang/plg deket sama kita, gimana? Pasti campur aduk rasa marah, sedih, sakit hati, kecewa, perih.... dan bisa2 perasaan itu tertinggal lama. Bener kan sringkali yang paling menyakiti kita adalah orang yang terdekat dengan kita? Demikian juga dengan Tuhan, yang paling bisa menyakiti Tuhan adalah anak2Nya sndiri, right?!!

Dari Mikha itu, jd ngeri juga, kalau penghukuman itu terjadi karena dosa Israel. Jd bertanya dlm hati, mungkin ga sih berlaku juga penghukuman yang terjadi di negeri kita itu karena dosa umat Tuhan? Mungkin banget...mari mulai koreksi diri kita dengan dimulai dr pertanyaan sederhana "do you love Indonesia?"

How can we love Indonesia? Start it with simple things...

1. Sering ga kita denger atau bahkan terlontar dari mulut kita sendiri: "Yah beginilah Indonesia, gimana bisa maju? Pemerintahnya aja korup,rakyatnya ga terdidik, bla...bla...bla..."
(Aq sih ngaku kadang masi suka ngomong begitu kalau pas kalap hahaha...)
Hey guys, inget lho apakah yang kita perkatakan itu ucapan berkat atau ucapan kutuk dan perkataan sia-sia? Inget juga,ada kuasa dalam perkataan. So,mari koreksi diri kita masing-masing akankah masih mau mengucapkan kata2 semacam itu bwat Bangsa kita?

2. Apa isi doa kita? Kita sring mencucurkan air mata untuk kesembuhan keluarga/teman kita, kita bisa meratap minta Tuhan berikan pasangan hidup, kita bisa tekun berdoa untuk karir dan masa depan kita. Tapi sudahkah kita mencucurkan air mata,meratap dan tekun berdoa bwat pemulihan Bangsa Indonesia?

3. Ini dipicu dr hebohnya siaran TV, n banyaknya patroli polisi, tentara di seantero jakarta (khususnya monas dan sekitarnya) pas Mr. Barak Obama dtg ke Jakarta kemarin. Banyak orang yang biasanya anti liat siaran pidato jd bela-belain buka TV untuk liat siaran pidato Mr. Obama, ada jg yg bela-belain nongkrong beberapa jam di kawasan jalanan yg bakal dilewati mobil Mr. Obama. Salah?? Nggak sih, karena emang kharisma beliau yang hebat n perilakunya yg emang mengundang simpati banyak orang. Tapi perlu dicek nih. Siapa sih yang sibuk repot-repot buat urus Indonesia yang segini luasss, dan penduduknya yang super padat? Mr.Obama kah? Nope! Mr.President SBY lhoh yang sibuk, pusing, repot urus Indonesia (Jangan sampe ada yg ga tau apaan tuh SBY? Surabaya? hahahaha...). Di luar berbagai pendapat 'lha jd presiden enak dpt duit banyak, tapi ga bener atur negara,dll'. Heyyy...ga segampang itu kaliiiii urus bangsa segini gede. Coba deh tanya sama ketua komsel repot ga urus anak2 komselnya yang cuma beberapa orang? (Bwat komselku: walau repot tapi aq bersyukur koq bwat kalian smua, karena jg uda jd berkat bwatku, mizz ü all ^^), atau pemilik usaha toko/pabrik repot ga urus pegawai2nya yang nyeleneh2? Atau paling gampang tanya deh Ibu-ibu rumah tangga, puyeng ga urus pembantu yang cuma 1 biji??? He2. Aq kagum sama Mr.Obama, tp gw hormat n slalu berdoa bwat Presiden Bangsa ku sendiri, Mr.SBY (secara aq sering liat dia tuh kayak kurang bo2, kantong matanya gede, duh kasian banget Bapak kita ini, biar Tuhan kasi kesehatan, kekuatan, kebijaksanaan bwat Bapak Presiden)

4. Buang sampah pada tempatnya! Gampang banget kan? Tapi sering ga kita lakuin kan. Jangan cuma nyalahin pemda yang ga bener urus kota, tapi lakuin aja bagian kita dengan buang sampah pada tempatnya. Supaya Jakarta ga banjirrrr karena selokan/kali mampet karena sampah, soalnya kali deket rumahku tuh kaya dengan hasil sungainya, bukan ikan, tapi sampahhhh, yang kadang bauuu bangettt. Mulailah dengan satu langkah kecil :)

5. Tiap kita pasti punya talenta yang beda-beda. Apapun talenta yang kita punya, maksimalkan itu. Bwat yang punya talenta musik, jangan cuma ngedumel sama kualitas musik Indonesia yang akhir-akhir ni makin nyeleneh. Lagu-lagu dengan lirik yang ga jelas malah jadi Hits. Ayo jangan kritik doang, tapi berkaryalah bikin musik/lagu yang bermutu di blantika musik Indonesia,cieee... ;p
Bwat yang berbakat art & desain animasi,jangan cuma kagum sama karya2 walt disney yang keren,tapi berkaryalah buat film/animasi yang keren buatan anak Bangsa (ditunggu ya! Ђέђέђέ«{^⌣^}»ђέђέђέ). Untuk yang kerja di bagian accounting, Jangan cuma bilang pemerintah tukang korup, tapi sendirinya bikin pembukuan ganda di kantornya, apa bedanya coba?

Mulailah dari hal-hal yang bisa kita lakuin buat Indonesia, berdoa toh ga bayar juga kan? Bukankah kita percaya ga ada yang kebetulan di dunia ini? Jadi bukan kebetulan juga kalo kita lahir sebagai Warga Negara Indonesia,bukannya orang bule. Kalo bukan kita yang bangga dan mengasihi Bangsa kita sendiri lalu siapa yang akan berdiri buat Indonesia?


Akhir kata... ask your self... Do you love Indonesia?
I will answer: Yes I do, God bless Indonesia!!!


2 comments:

  1. Wkwkwk.. (kalo kalap masih suka kayak gitu.. bawa lakban di tassss)! Aku suka banget baca tulisan2mu, Sis. Jujur, berisi dan lucuu.. Keep writing, be blessings...

    ReplyDelete
  2. Yah, lagi belajar aja dr temen2 blogger yg lain cik. Karena kalo pas dpt "berkat pengajaran" sayang kalo ga dibagi sama yang laen. Hehe...

    Ha3, sadiz ik kalo sampe pake lakban >,< Ya belajar utk mencintai negeri from simple things dulu, kayak ga buang sampah sembarangan. Masih miris banyak orang lempar botol air mineral/sampah sembarangan dari jendela mobil, ngeludah sembarangan tempat tapi ga merasa bersalah. hiksss

    ReplyDelete