Tuesday, April 12, 2011

Haid = Waktunya marah-marah?

From notes Facebook, 8 Juli 2010

"Jangan ganggu gw, gw lagi haid!", "Ya maklumlah gw sensi, soalnya gw lagi haid"

Sering banget nggak sih kita denger pernyataan-pernyataan kayak gitu dr kalangan cewek? (Ya iyalah....jangan sampe kita denger dari cowok :p).Kalau aq sih sering denger, dan akhirnya aq tanya sama Tuhan, "Tuhan kenapa sih haid/pms/menstruasi identik dengan marah-marah, sensitif, mudah tersinggung?"



Memang hormon dalam tubuh kita jadi kacau saat kita haid(ataupun pasca/pra haid), walaupun aq ngga ahli dalam biologi tapi aq percaya bahwa hormon-hormon itu juga bisa jadi pengaruhnya. Tapi tetep aja peneasaran,masak iya sih kalau haid itu jadi bawaannya sensi n marah-marah? Apakah kalau marah-marahnya pas haid itu sah dan gak jadi dosa (maklum dong,lagi haid nih?) Wah,kalo gitu enakan haid tiap hari dong, jadi bisa bebas marah-marah tanpa jadi berdosa, karena marah-marahnya pengaruh dari hormon dalam tubuh yang memang di luar kendali kita. Hehehe...

Sampai akhirnya hari ini...Tanpa aq sadari, Tuhan jawab semua pertanyaanku selama ini. Baru aja aq pergi keliling sama adikku, cetak menu untuk kerjaan, trus pergi makan juga, Menu makan malam ini: KFC (lagi... :D), tapi ngga abis makannya karena sakit banget perut(yang cewek pasti ngrasain gimana makanan yang enak jadi ga enak karena perut mules haid,just to know, baru tadi pagi aq mulai haid,so this is my first day!). Adikku bilang: "Bersyukur banget ya aq nggak jadi cewek kayaknya menderita banget tiap bulan musti sakit perut karena haid". Trus aq jawab: "Makanya nantinya musti ngertiin pasanganmu kalo pas dia haid, musti bisa jaga jangan macem2 yg bisa menyulut emosi". Trus adikku jawab lagi:"Kemarin temenku cewek juga jadi berubah sensitif n jadi gak sabaran gitu pas haid. Memangnya kalo cewek haid pasti jadi sensitif ya?"
Pembicaraan pun berlanjut sampai kami selesai makan, trus nggak lama adikku tiba-tiba bilang "Kenapa hari ini koq baek banget sih?" *emang biasanya nggak ya?hahaha....*
Trus aq nyelutuk "Nggak papa dong, aq kan juga belajar untuk jadi sabar n penurut."

Nah lhohhhh!!! Aq sndiri baru sadar! Koq bisa ya aq belajar untuk sabar dan ngertiin adikku di hari pertama masa haidku,pas perut rasanya mules ga karuan?

Thanks God, Dia Tuhan yang kreatif yang bisa jawab tiap pertanyaanku dengan berbagai caraNya yang unik. Dari peristiwa hari ini, Tuhan ingetin aq "Haid nggak identik dengan marah-marah dan sensitif. Perubahan hormon saat haid nggak bisa dijadiin alasan untuk kita boleh marah-marah dan sensitif. Makanya ada Firman tertulis: 'Daging memang lemah, tapi Roh penurut'. Mau marah-marah dan sensitif atau nggak itu pilihan, kasian kalo haid jadi kambing hitam,he3. Kalo emang dasarnya sensitif n gampang emosi, walau nggak pas haidpun ya bakalan seperti itu, apalagi pas masa haid bisa dijadiin alasan logis untuk boleh marah-marah."

So girls...ayo sama-sama belajar untuk hidup dipimpin Roh,bukan daging. Belajar untuk hidup dari apa kata Firman, bukan dari Apa kata Dunia?! Haid/pms/menstruasi nggak berarti harus marah-marah n sensitif, Tuhan ngga pernah ciptain hormon yang bikin kita suka marah-marah koq,karena segala rancanganNya itu baik, tidak ada yang buruk....Jadilah wanita yang punya Roh yang lemah lembut dan tentram setiap waktu. Oke ;)
God bless ΓΌ girlzzzzz !!!

No comments:

Post a Comment