Tuesday, April 12, 2011

Bertahan!!!

From notes Facebook 15 Oktober 2010


Matius 24:13 "Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat".

Memang bener apa yg dibilang di ayat itu, dengan suasana dunia yg makin sulit bin aneh ini,perlu untuk mempertahankan iman. Kehausan akan Tuhan itu bukan lagi "suatu kenikmatan yg dapat kita rasain waktu kita pengen merasakannya", tapi suatu DISIPLIN ROHANI yg perlu diusahakan dan dilatih tiap hari, tiap waktu, tiap detik...



Baru2 ini aq blajar, melayani di "dunia nyata" itu ga lebih gampang dibanding melayani di Gereja,Komsel (at least di tmpt2 "rohani" ini orang lebih nyadar utk bersikap baik,manis,sabar,hehehe...). 2 bulan bantu jaga tempat makan dd-ku,ada ncik2 "aneh" yang mayan sering mampir,dan emang ngomongnya suka ngelantur ngalor ngidul,kadang ngomong negatif,kadang ngomong soal Tuhan juga. Dan menurut info, di sekitar sini orang2 udah pada tau ni ncik emang agak stress gitu. Pernah 1 kali dia dateng sambil nunjuk2 n ngomel2in mbak2 ku yg jaga, dibilang semalem nguntitin dia sama preman lah, neror dia di rumahnya lah, bla bla bla... Kasian banget mbak nya ampe ketakutan gitu + adekku jadi ikutan bete gara2 tuh ncik ngamuk2 ga jelas. Yah akhirnya kita tenangin lah dia dengan segelas es tawar, ehhh semenit kemudian dia langsung ketawa-ketiwi sumringah. Jadi intinya,dia perlu orang untuk dengerin ocehannya gitu aja sih. Cuma sini yang denger bosen juga krn ngomongannya ga jelas,nasihatnya aneh(katanya: Lisa...jangan mau buru-buru married,liat skrg bnyk kawin cerai, ama cow sih maen2 aja seneng2 kalo udah tinggalin,kyk tante nih banyakk cownya tp ga mau kalo diajak serius (•͡˘˛˘ •͡ ?) ), apalagi kalo pas rame n dia tetep ngoceh truzz...yahhh jd bete bgt deh.Kalo dia uda muncul d depan aja,dlm hati lgsg ngeluh "Aduh...dateng lagi deh"

Satu waktu pas saat teduh malem,mengadu deh sama Babe, dan kalo dibikin dialog nyata nya kurang lebih begini...

Lisa: "Duh Bapa, butuh kasih karunia banget ya untuk pelayanan orang stress. Ga sanggup deh aq ngadepin begituan"

Bapa: "Memang kamu ga sanggup.Karena kesanggupan itu Aku yang beri"

Lisa: "Kadang cape urusin masalah orang lain. Lebih pusing daripada urusin diri sendiri?"

Bapa: "Ingat yg Aku bilang: itulah tanda2 akhir jaman, bahwa kasih manusia akan semakin dingin. Dan tiap orang hanya akan mempedulikan dirinya sendiri"

Lisa: "Wahh seremm sih Pa, ndak mau juga jadi kayak gitu.Cuma kadang emang cape untuk jadi orang yang tahu 'masalah' orang lain. Hehe...Kalo cuma mikir diri sendiri malah ngga segitu ribetnya"

Bapa: "Kalau hidupmu berkecukupan dan diberkati dalam segala sesuatu bersyukurlah! Karena artinya aku memudahkan hidupmu untuk kamu bisa jadi penolong untuk orang lain."

Lisa: "...." (*Speechless mode on*)

Bapa: "Bayangin gimana kalo Aku juga berpikir kayak kamu, nggak mau ribet urusin manusia. Aku ini Allah, untuk apa aku dateng ke dunia, menderita dalam wujud manusia, sampai wafat di kayu salib. Semua itu untuk kamu...Untuk menebus dosamu. Bahkan untuk menebus dosa semua manusia"

Lisa: "Huaaa iyaaa iyaaa...Aku bersyukur karena Engkau yang adalah Tuhan,mau untuk ribet urusin masalah manusia,Pdhal Engkau seharusnya ga perlu menanggung dosa2 sluruh dunia. Thanks Jesus, there is none like You!!!Love ü so much"

Bapa: "Kalo kamu mengasihiKu, kamu akan mengasihi sesamamu."

Lisa: "will learn..."

-THE END-

Intinya guys, masalah,pergumulan, beban,kesulitan jangan jadi fokus dalam hidup kita. Saat fokus dengan diri sendiri, kita akan mengasihani diri sendiri. Nggak fokus pada Tuhan akan menghilangkan kepercayaan kita bahwa Dia sanggup menolong.

Juga jangan merasa diri sudah cukup baik (Aq udah rajin ke gereja, komsel, pelayanan, saat teduh tiap hari,doa pagi siang malem subuh, ga pernah rugiin orang...that's enough! Aq cukup layak untuk masuk Surga). Hey...kebaikan yg bisa kita lakukan pun karena Dia yang menyanggupkan lho.Pernah pas mau brangkat kerja, lewat gang sempit(so harus pelan2 jalan mobilnya),ada gelandangan tua n kurusss banget (100x lipat lebih kurus dariku),kulitnya banyak luka, dan dia kayak pengen balik badan gitu tapi ngga kuat. Dan banyak orang2 disekitarnya cuma ngeliat dengan pandangan iba tapi ga berani untuk nolong (including me! T.T). Saat itulah hati ini tersentak "Aq bukan anak Tuhan yang cukup baik. Aku blajar tentang 'kasih' tapi ngga berani mengamalkan kasih itu dalam segala kondisi.Jangan berani bilang 'I'm good enough' kalo dalam situasi ini,kamu ngga berani menolong dia"

Yang Tuhan mau adalah kita hidup berbagi dengan sesama. Mengasihi orang lain itu nggak mudah dan kasih kita nggak sempurna, tapi belajar terus terus dan terus...Jangan pernah berhenti belajar mengasihi, Dia akan menyanggupkan :)


NB: Also specially write diz notes for my beloved sister: Dewi 'Mintz' Sartika ^^" luv ü sista! 

No comments:

Post a Comment